Selasa, 23 September 2014

Tutorial Membuat Jaringan AdHoc


ShareInside - Hola, Netters. Tutorial kali ini kami akan mencoba membuat Jaringan AdHoc sendiri. Pastinya sebagian besar udah pada tahu bagaimana cara membuatnya, tapi ngga ada salahnya kami coba share untuk kalian yang masih belum tahu. Untuk kalian yang belum tahu apa itu Jaringan AdHoc, mudahnya Jaringan AdHoc adalah seperti jaringan peer to peer pada jaringan kabel sedangkan AdHoc pada jaringan wireless. Ok, ngga usah panjang lebar. Kita langsung ke tutorialnya aja. Kita siapkan minimal 2 laptop, contoh Laptop A & Laptop B.

# Pertama, kita akan konfigurasi pada Laptop A. Masuk ke Control Panel => Network and Sharing Center. Kemudian pilih "Set up a new connection or network".

# Pilih "Set up wireless ad hoc....", lalu next next saja.

# Kemudian isikan nama jaringan AdHoc kita agar mudah dikenali serta tipe keamanan apa yang akan digunakan pada jaringan tersebut. Contoh kami disini menggunakan "WPA2-Personal". Isikan password pada kolom "Security Key". Pilih next dan Jaringan AdHoc pun sudah selesai dibuat.

# Ini adalah penampakan dari Jaringan AdHoc yang barusan kita buat. Tulisan "Waiting for users" menandakan bahwa belum ada user yang terhubung dengan jaringan kita.

# Ok, langkah selanjutnya adalah menset ip address pada wireless adapter kita. Sebenarnya kita bisa saja tidak usah memberikan ip address secara manual karena nanti secara otomatis akan diberikan ip secara DHCP. Tapi disini kita lakukan secara manual untuk memudahkan nantinya. Pada Network and Sharing Center pilih "Change Adapter Setting", lalu klik kanan pada wireless adapter, pilih properties.

# Pilih IPv4 kemudian pilih properties. Klik bagian "Use the following IP address", Masukkan ip address yang ingin digunakan. Lalu pilih OK.

# Selanjutnya Kita konfigurasi pada Laptop B, Pertama hubungkan dengan Jaringan AdHoc yang tadi dibuat. Kemudian kita set IP Address untuk laptop B.

# Setelah selesai PING menggunakan Commad Prompt ke IP Address Laptop A (Pastikan Firewall kedua laptop di non-aktifkan), Jika statusnya "Reply from....." maka laptop A & B sudah terhubung.

# Kemudian kita test dengan cara melakukan sharing file. Disini yang akan men-Sharing adalah Laptop A. Namun sebelum melakukan sharing file, pada Network and Sharing Center pilih "Change advance sharing settings".

# Lakukan konfigurasi seperti gambar dibawah ini....

# Pilih Folder/File yang akan di sharing, sebagai contoh disni adalah Folder Notepad. Klik kanan pada folder tersebut pilih properties. Lalu pilih tab "Sharing " kemudian pilih "Share".
\

# Klik menu dropdown nya, pilih "Everyone" kemudian "Add". Lalu pilih juga Permission Level yang akan diterapkan pada folder tersebut. Setelah selesai pilih "Share". Dan folder telah berhasil di share.

# Selanjutnya kita beralih ke Laptop B untuk membuktikan apa benar folder tersebut berhasil di sharing. Kita akan mencoba mengakses Folder Notepad tersebut dengan cara, mengetikkan IP Address laptop A pada windows explorer dibagian Addreess Bar nya. Disana terlihat folder Notepad yang disharing tadi yang menandakan bahwa folder telah berhasil dishare. Uyeeeeeeeee..... 

Ok, sekian Tutorial Membuat Jaringan AdHoc semoga kalian paham tutorial yang kita berikan dan semoga bermanfaat ^_^. 


























Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HEAD LINE NEWS SHARE INSIDE | Tempat Berbagi Ilmu dan Pengtahuan Seputar Dunia Komputer juga Dunia IT dll | Semoga Sobat Blogger Enjoy with this Blog dan Jangan lupa Like Us On Facebook ... | Terima Kasih atas Kunjungannya !
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...