Kamis, 24 November 2011

Cara Melatih Dan Menguatkan Ingatan




Menurut para ahli, otak bisa dilatih untuk menginat secara lebih mudah dan lebih banyak detail. Latihan berikut bisa membantu Anda sambil mencegah dan bahkan membalikkan penurunan kemampuan otak berkaitan dengan pertambahan umur.

Isi teka teki silang atau sudoku

Melakukan aktivitas yang menstimulir mental dapat menguatkan sel-sel tua otaak dan menciptakan sel-sel otak baru

Olahraga

Tidak perlu dengan ke gym. Lompat tali pun jadi karena meningkatkan denyut jantung sehingga lebih banyak darah yang mengalir ke otak, menghantar nutrien-nutrien dan oksigen yang diperlukannya untuk meningkatkan kejernihan berpikir dan fokus. Teknologi baru menunjukkan, olahraga membuat otak meregenerasi diri sendiri dan membalikkan efek penuaan.

Tidur siang

Tidur siang dapat membuat lebih cerdas, karena tidur dapat membantu otak menata informasi yang kita dapatkan di saat jaga.

Ubah kebiasaan

Coba ubah kebiasaan Anda. Mengerjakan tugas0tugas dengan cara yang tidak biasa menciptakan jalan neural baru yang membuat Anda lebih cerdas.

Menari


Setiap langkah dan putaran di lantai dansa memaksa otak membuat keputusan-keputusan cepat. Sebuah studi terkini di New York menemukan, dansa hanya 3 sampai 4 kali seminggu menurunkan risiko dementia sampai 76%. Selain itu, musik juga menguatkan sirkuit memori otak. Khasiat ini bisa didapatkan dengan mendengarkan lagu atau musik selama 1 menit.

Hal-hal yang bisa merusak ingatan

Kehidupan serba sibuk dengan jadwal kegiatan serba padat membuat terlalu banyak yang harus diingat sampai kita tidak bisa mengingat informasi yang kurang penting. Misalnya yang dilakukan pada tahun lalu, pada bulan yang sama seperti sekarang. Atau lupa kemarin siang makan apa. Tapi ada beberapa hal yang dapat membuat kehilangan ingatan. Antara lain:
  • Depresi, saat sedih atau down, Anda juga bisa merasa gelisah sehingga lebih sulit konsentrasi
  • Cemas atau gelisah, saat mencemaskan situasi misalnya wawancara kerja atau ujian, Anda berkemungkinan lebih besar panik ketika harus mengingat sesuatu yang penting.
  • Umur, sebagian besar dari kekuatan kita melemah sejalan dengan pertambahan umur. Tidak terkecuali ingatan. Pada dasarnya, semakin umur bertambah, semakin banyak ingatan yang hilang. Karena itu, kita sering perlu waktu lebih lama untuk mengingat informasi yang kita cari.
  • Kelenjar thyroid di bawah aktif, hal ini membuat seluruh tubh melambat, termasuk otak. Periksakan diri ke dokter jika Anda merasa lesu, lamban, dan kehilangan ingatan.
    Source



2 komentar:

  1. cemas dan gelisah ....mmmmmmm...ini dia nih, musuh utamanya ya?

    BalasHapus
  2. Betul, Cemas dan Gelisah pasti ada dalam kehidupan kita ...

    BalasHapus

HEAD LINE NEWS SHARE INSIDE | Tempat Berbagi Ilmu dan Pengtahuan Seputar Dunia Komputer juga Dunia IT dll | Semoga Sobat Blogger Enjoy with this Blog dan Jangan lupa Like Us On Facebook ... | Terima Kasih atas Kunjungannya !
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...