Senin, 28 April 2014

Tutorial Backup Driver Dengan Double Driver

ShareInside - Kali ini saya akan memperkenalkan sebuah software  yang menurut saya software ini sangat berguna. Fungsi dari software ini adalah untuk melakukan backup dan restore driver. Software ini akan lebih berguna disaat kita ingin menginstall ulang komputer, Kita tidak perlu menginstal driver satu-satu menggunakan cd driver atau jika cd drivernya hilang atau rusak, Kita tidak harus repot-repot mengunduh lagi drivernya dari internet.
Dengan software ini kita lebih mudah untuk melakukan instalasi driver pada komputer. Ok, langsung aja kita mulai tutorialnya.

·         Unduh Double Driver
     Sebelum kita mulai, kita unduh softwarenya terlebih dahulu disini. Software ini freeware dan portable jadi tidak perlu diinstall.

·         Backup Driver
Setelah selesai didownload, Jalankan programnya. Berikut adalah tampilan utama dari Double Driver.
  
      Untuk melakukan backup, pilih menu “Backup” pada tampilan home Double Driver. Lalu pilih “Scan Current System”. Pada saat tersebut Double Driver akan melakukan scan untuk menemukan apa saja driver yang telah terpasang pada komputer kita.


      Setelah itu, daftar  driver yang terpasang pada komputer akan ditampilkan. Perlu diperhatikan, bahwa Double Driver secara otomatis akan memberikan tanda centang ke driver yang hanya diperlukan saja. Jika tidak diperlukan, Double Driver tidak akan memberikan tanda centang. Tapi, kita bisa memberikan tanda centang jika menurut kita driver tersebut itu penting. Jika telah selesai memilih driver yang akan dibackup, Lalu pilih “Backup Now”.

      Kemudian pilih tempat dimana kita akan menyimpan hasil backup drivernya. Disini Double Driver juga akan memberikan 3 opsi penyimpanan backup driver, yaitu:
1.      Structured folder: Double Driver akan membackup driver dengan menggunakan struktur folder. Sehingga, bagian-bagian dari komponen hardware akan diklasifikasikan di folder yang berbeda. Misalnya, driver wireless akan berbeda foldernya dengan driver VGA.
2.      Compressed (zipped): Double Driver akan membackup driver secara Structured folder, namun setelah itu, Double Driver akan mengkompresnya di file zip.
3.      Single file self extract: Double Driver akan membackup driver dengan mengumpulkan disebuah program. Sehingga, driver tersebut bisa diekstrak dengan hanya mendouble klik layaknya sebuah program. File yang dihasilkan adalah *.exe.

          Jika telah selesai, pilih “OK” dan proses backup driver akan dimulai, tunggu sampai selesai.


·         Restore Driver
Setelah selesai melakukan backup driver, Langkah selanjutnya adalah merestore driver yang telah dibackup. Pilih menu “Restore” pada tampilan home Double Driver.

      Pilih dimana lokasi tempat penyimpanan backup driver, klik “Locate Backup”

      Kemudian akan muncul 3 kolom untuk mencari backup driver yang telah tersimpan. Sesuaikan dengan tipe penyimpanan yang kita pilih sebelumnya, contohnya jika sebelumnya kita memilih tipe penyimpanan compressed lalu pada saat merestore pilih nomor 2 yaitu tipe compressed juga seperti gambar dibawah ini.

      Klik “OK” untuk menuju proses selanjutnya. Setelah itu akan muncul daftar driver yang kita telah backup, Pilih “Restore Now” untuk melakukan restore driver pada komputer. Tunggu sampai prosesnya selesai, dan setelah itu driver kita telah terinstall/terpasang pada computer.

      Nah itulah sedikit Tutorial Backup Driver menggunakan Double Driver dari saya. Jadi kita tidak perlu dipusingkan lagi jika kita ingin menginstall driver pada komputer. Semoga tutorial ini membantu untuk kalian, Thanks ^_^.  

2 komentar:

HEAD LINE NEWS SHARE INSIDE | Tempat Berbagi Ilmu dan Pengtahuan Seputar Dunia Komputer juga Dunia IT dll | Semoga Sobat Blogger Enjoy with this Blog dan Jangan lupa Like Us On Facebook ... | Terima Kasih atas Kunjungannya !
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...