Selasa, 29 April 2014

Tutorial Install Xubuntu 14.04 LTS


ShareInside - Pada 17 April kemarin Ubuntu merelease versi terbarunya yaitu Ubuntu 14.04 dengan Code Name "Trusty Tahr". Tapi disini saya tidak akan membahas ubuntunya melainkan variannya yaitu Xubuntu. Xubuntu adalah salah satu varian Ubuntu yang menggunakan lingkungan desktop Xfce. Xubuntu ditujukan untuk pengguna yang menggunakan komputer dengan kinerja rendah.

Seperti pada judul blog diatas, saya akan menjelaskan bagaimana cara install Xubuntu 14.04 LTS. Yang perlu dipersiapkan pastinya adalah linux xubuntu nya, kalian bisa unduh linuxnya disini. Kalian bisa install melalui cd, flashdisk ataupun install pada virtual machines. Ok, kita langsung masuk pada tutorialnya.

Pada tampilan awal kita akan memilih bahasa yang akan digunakan pada xubuntu. Pilih "Install" untuk memulai langkah penginstallan xubuntu. Jika kita ingin melihat bagaimana tampilan xubuntu setelah diinstal atau mereview nya kita bisa memlih "Try Xubuntu".

Langkah selanjutnya, xubuntu akan memberikan informasi yaitu xubuntu memerlukan ruang kosong harddisk sebesar 5,7 GB. Klik "Continue" untuk menuju proses selanjunya.

Kemudian pada jendela Installation Type pilih "something else" karena kita akan membuat dan mengatur sendiri partisinya. Pilih "Continue".

Pilih "New Partition Table" untuk membuat partisi baru, dan pilih "Continue".

Kemudian pilih ruang kosong pada harddisk, lalu klik tanda "+" untuk membuat dan memilih jenis partisinya.

Pada jendela Create Partition, atur size partisinya. Untuk bagian Type for... dan Location for... biarkan default saja. Lalu pilih jenis partisinya "ext4" dan mount pointnya "/". Klik "OK", Kemudian partisi baru akan muncul. Setelah itu, pilih free space sisanya untuk dibuat partisi juga, klik tanda "+" untuk membuat partisi ke-2.

Sama seperti sebelumnya, cuma yang membedakan pada bagian use as pilih "swap area". Klik "OK", Kemudian partisi dengan jenis Swap akan muncul. Setelah itu klik pada bagian partisi jenis ext 4, kemudian pilih "Install Now" untuk memulai proses instalasinya.
Catatan: Untuk bagian pemartisian tidak harus mengikuti seperti contoh saya, saya hanya membuat partisi yang sederhana saja. Jadi kalian bisa membuat partisi sendiri sesuai kebutuhan kalian.

Kemudian pilih region dimana kita berada. Klik "Continue".

Lalu pilih layout keyboard yang digunakan, biarkan default saja tidak usah dirubah karena itu adalah layout keyboard yang umum digunakan.

Setelah itu, kita akan membuat user untuk linux xubuntu kita. Jika sudak klik "Continue".

Kemudian sistem mulai melakukan instalasi pada harddisk, Tunggu sampai proses instalasinya selesai.

Setelah proses instalasi selesai, sistem akan meminta komputer untuk direstart. Pilih "Restart Now".

Pada saat proses merestart komputer jangan lg booting lewat cd atau flashdisk tapi booting lewat harddisk. Kemudian kita akan dihadapkan pada jendela login user sebelum masuk ke xubuntu nya. Isikan Password nya seperti yang telah kita buat sebelumnya. Klik "Log In"

Taraaaaa.... Akhirnya kita telah selesai Instal Xubuntu 14.04 LTS, dan berikut ini adalah tampilan utama dari Linux Xubuntunya.

Ok, Sekian tutorial kali ini. Semoga tutorial ini bisa membantu kalian terutama yang awam atau baru pertama kali menginstall linux. jika ada pertanyaan atau saran kalian bisa berkomentar dibawah. Thankz ^_^
































Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HEAD LINE NEWS SHARE INSIDE | Tempat Berbagi Ilmu dan Pengtahuan Seputar Dunia Komputer juga Dunia IT dll | Semoga Sobat Blogger Enjoy with this Blog dan Jangan lupa Like Us On Facebook ... | Terima Kasih atas Kunjungannya !
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...