Sabtu, 28 Juni 2014

Tutorial Cek Kerusakan Komponen Pada Power Supply

ShareInside - Power Supply adalah komponen yang digunakan untuk memberikan catudaya pada komponen-komponen yang ada di komputer, diantaranya untuk motherboard, prosesor, hardisk, cd/dvd drive, floppy disk drive dan lain sebagainya. Maka jika power supply bermasalah, maka tidak akan ada tanda-tanda kehidupan pada komputer kita.

Sebelum melakukan troubleshooting power supply, ada tahap-tahap seperti mengenali tanda-tanda umum jika sebuah power supply tidak berfungsi, menganalisa pada bagian-bagian atau komponen yang tidak berfungsi dengan baik. Beberapa komponen yang sering kali bermasalah pada power supply, diantaranya :

1. Kapasitor
2. Resistor
3. Sekring
4. Gate
5. Dioda

Berikut adalah cara mengecek kerusakan komponen pada power supply :

Step 1
Lepas power supply dari tempatnya, lalu buka tutup power, lihat apakah ada kerusakan yang terlihat diantaranya kondensator melembung, resistor terbakar. Kita juga dapat mengeceknya menggunakan ohm meter.

Step 2
Coba cek sekring putus atau tidak, cek menggunakan ohm meter dengan skala ukur 1Xohm, Jika putus kita dapat menggantinya atau jika belum ada penggantinya, kita dapat memasang sehelai kabel halus dikaki sekring tersebut (cara ini sementara saja).

Step 3
Jika sekring masih dalam keadaan baik, dan tidak ada tanda-tanda terbakar, kita dapat pindah mengecek komponen yang lainnya. Berikutnya cek 4 dioda menggunakan avo meter, sesuaikan posisi positif dan negatif dioda dengan avo meter (garis putih untuk posisi positif dan yang tidak ada garis untuk posisi negatif).

Step 4
Berikutnya cek gate power switch yang nilainya 1 Mohm dan dipasang parallel.

Step 5
Jika komponen-komponen tersebut dipastikan rusak, Kita dapat menggantinya dengan komponen yang baru (dengan catatan nilai komponen sama). Setelah komponen yang rusak diganti, coba shortkan/hubungkan kabel warna hijau dan warna hitam dengan klip kertas/kabel lalu colokkan powernya ke listrik jika kipas berputar, maka power supply sudah berfungsi kembali dengan baik.

Step 6
Jika kipas masih belum bisa berputar, berarti masih ada komponen yang rusak, coba cek kembali IC, Transistor lainnya lebih teliti lagi. 

OK, Sekian tutorial bagaimana mengecek komponen yang rusak pada power supply. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca, Sampai ketemu diartikel selanjutnya. ^_^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HEAD LINE NEWS SHARE INSIDE | Tempat Berbagi Ilmu dan Pengtahuan Seputar Dunia Komputer juga Dunia IT dll | Semoga Sobat Blogger Enjoy with this Blog dan Jangan lupa Like Us On Facebook ... | Terima Kasih atas Kunjungannya !
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...