Sabtu, 01 Desember 2012

[Rekomendasi] 5 Aplikasi Perkantoran, Pengganti Microsoft Office

Di setiap distro linux kebanyakan sudah disediakan program perkantoran sejak instalasi awal. Jika kamu termasuk pengguna linux yang sampai saat ini masih belum bisa ‘move on’ dari Microsoft Office, tak ada salahnya mencoba alternatif program perkantoran yang saya rekomendasikan. Program-program seperti Writer, Spreadsheet, Presentation, Databases, Drawing tersedia secara gratis dan yang pasti tak kalah dengan produk perkantoran berbayar.
Berikut ini 5 aplikasi perkantoran yang patut untuk kamu coba.

LibreOffice


LibreOffice merupakan proyek pengembangan dari OpenOffice.Org yang sejak tahun 2010 sudah diakuisisi oleh Oracle. Semua fitur yang ada di OpenOffice ada pula di LibreOffice, tetapi kedepannya akan dikembangkan secara lebih terbuka dan mandiri karna dibawah naungan komunitas.
Kebanyakan distro besar sekarang menggunakan program ini sebagai default nya.

OpenOffice


Tak jauh beda antara OpenOffice dan LibreOffice. Karna memang source code kedua program ini berasal dari satu sumber. Program-program seperti Writer, Spreadsheet, Presentation, Databases, Drawing juga siap untuk digunakan.



Google Docs


Google Docs (atau bagian dari Google Drive) adalah program perkantoran dari Google yang memungkinkan membuat document, spreadsheets, presentation, drawing membuat form secara online. Semua data yang dibuat di Google Docs akan disimpan secara cloud di layanan Google Drive. Pengguna dapat berbagi file dengan pengguna lainnya.
Google Docs juga terintegrasi dengan produk google lainnya. Seperti Gmail dan Google Calender.


KOffice


Bagi kamu pecinta KDE tak ada salahnya mencoba KOffice sebagai aplikasi perkantoran. Tersedia lengkap list program Word, Spreadsheet, Presentation dll.
Program opensource ini dirilis dibawah lisensi LGPL 2.0




NeoOffice


Merupakan turunan dari program OpenOffice yang dikembangkan khusus untuk Operating System MacOS. Tampilan dari program memang dikhususkan dengan antarmuka Mac OS. Huruf Mac dan resolusi gambar memang ditampilkan lebih tajam disini.
NeoOffice dirilis dibawah lisensi GNU.






 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HEAD LINE NEWS SHARE INSIDE | Tempat Berbagi Ilmu dan Pengtahuan Seputar Dunia Komputer juga Dunia IT dll | Semoga Sobat Blogger Enjoy with this Blog dan Jangan lupa Like Us On Facebook ... | Terima Kasih atas Kunjungannya !
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...